Lompat Akrobat di Sungai Deli

Banjir tidak selalu menjadi duka bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran Sungai Deli. Setidaknya hal tersebut yang dirasakan oleh anak-anak. Mereka justru menyambutnya dengan akrobat, melompat dengan berbagai gaya.

Siang itu, Sabtu (25/10/2014) di depan markas Labosude sekumpulan anak bertelanjang ada yang hanya mengenakan celana ada pula yang tidak pakai celana dan baju sama sekali basah kuyup sambil tertawa-tawa.

Ternyata sedang berlomba-lomba mempertunjukkan kebolehannya melompat sungai. Ada yang menggunakan teknik melompat ke samping ke depan ada pula yang membelakangi sungai lalu melompat setinggi-tingginya sedemikian rupa sampai berputar kaki ke atas dan kepala di bawah.

Mereka berlompatan sesuka hatinya tanpa memedulikan resiko karena di tempatnya melompat di bawahnya terdapat batu-batu dan kemungkinan ranting-ranting pohon yang tersangkut. Kebanyakan mereka hanya sekilas mendengarkan himbauan untuk berhati-hati sambil terus melompat. Tak terhitung berapa kali mereka melakukannya.

Tak cukup hanya melompat dari bibir sungai, sebagian anak mencoba yang lebih ekstrim yakni melompat dari jembatan HVA di Jalan Letjend Suprapto. Tidak hanya untuk melompatnya yang berbahaya. Akses untuk menuju tempat lompatan juga sulit. Anak-anak itu harus berjalan dengan kehati-hatian karena tempat pijakannya yang kecil menuju tengah-tengah jembatan. Bahkan, ada juga yang melompat dari atas jembatan.

Foto-foto ini hanya sebagian saja dari sekian banyak aksi-aksi lompat Sungai Deli yang dilakukan di Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara. Aksi-aksi seperti ini juga dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di sepanjang pinggiran sungai. Tidak hanya Sungai Deli, tetapi juga di sungai-sungai lainnya.

Jembatan, dijadikan sebagai media bermain mengasyikkan sekaligus berresiko. Tidak hanya cidera namun juga nyawa. Karena itu, biarpun bermainnya menyenangkan tetap harus diberi perhatian dan pengawasan. Anam-anak harus memiliki bekal setidaknya kemampuan berenang dan keberanian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s