10 November di Kampung Aur

Tanggal 10 November bukan hanya diperingati sebgai Hari Pahlawan. Bagi masyarakat di Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara, 10 November juga menjadi hari bersejarah di mana sebuah kelompok kesenian yang dibangun sendiri oleh masyarakat sejak 31 tahun yang lalu, Sanggar Perkumpulan Remaja Kampung Aur Syah Bandar atau yang lebih dikenal dengan Sanggar Perkasa masih ada dan tetap ada hingga sekarang.

Malam itu, tepatnya 9 November 2013, hampir seluruh masyarakat di Kampung Aur, tumplek di lapangan kecil yang dulunya digunakan untuk olah raga takraw, yang menjadi halaman masjid diadakan acara pemotongan tumpeng yang dilakukan tepat pukul 00.00 wib.

Sembari menunggu pemotongan tumpeng, sebagian masyarakat juga berkumpul di pinggiran Sungai Deli, tepatnya di markas Labosude, sibuk mempersiapkan kelengkapan untuk acara Peringatan Hari Pahlawan yang akan diselenggarakan pada 10 November 2013 di dalam sungai. Beberapa orang anak-anak menggunakan sapu dan serokan sampah berusaha membersihkan sampah-sampah yang masih berserakan di lantai. Sebagian kaum ibu juga terlihat sedang membicarakan sesuatu. Ada pula yang sibuk makan dan bermain gitar.

Masyarakat di Kampung Aur, malam itu sedang sibuk. Berbagai acara akan digelar memeriahkan peringatan Hari Pahlawan dengan berbagai bentuk apresiasi lainnya berupa pameran foto dan perlombaan  yang pesertanya tidak kenal usia, laki-laki atau  perempuan.

Ini adalah sebagian foto-foto suasana malam itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s